Aturan PNS Dapat Kerja Dirumah Dapat Suport Banyak Pihak

Aturan PNS Dapat Kerja Dirumah Dapat Suport Banyak Pihak – Kementerian Pendayagunaan Fitur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengeluarkan pemahaman apabila Fitur Sipil Negara (ASN) atau kerapkali disebut Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa kerja di rumah. Langkah ini dapatkan suport banyak pihak. Namun, tak sedikit yg kuatir, mengingat mutu PNS saat ini belumlah pula maksimum.

Menteri PANRB Syafruddin menjelaskan, pemahaman PNS bisa kerja di rumah ada setelah lihat pergantian teknologi. Dengan menggunakan teknologi, orang bisa kerja dimana saja, kapan waktu. “Teknologi ada. Ya, supaya tak jenuh ,” tuturnya pada Rabu (14/8/2019).

Syafruddin melanjutkan, masyarakat jangan menyamaratakan pemahaman ini dengan cara beberapa milenial bikin perusahaan rintisan. Saat ini, banyak wiraswasta muda yg membuat usaha tanpa kantor. Mereka tiap-tiap hari bisa kerja dimana pun seperti rumah, coworking ruangan atau kafe.

Menurutnya, apabila pemahaman ini diterapkan, bukan berarti ASN bisa kerja tiada henti tanpa masuk kantor. “Kerja di rumah bukan berarti PNS tak masuk kantor, namun untuk membuat lebih mudah pekerjaan serta reward buat pegawai yg berprestasi saja,” tuturnya.

Dia berikan contoh dia yg tak harus ada pada kantor hingga sampai malam. Cukup cuma bawa serta tinggal pekerjaan ke rumah, itu dapat disebut kerja dari rumah.

Seterusnya, Syafruddin menjelaskan, pola reward dengan kerja di rumah yg dipercayai negara tetangga, umpamanya Australia. Di negara itu, pegawai yg berprestasi dapat kerja di rumah tiap-tiap hari Rabu.

Namun Kedengarannya pemahaman ini belum dapatkan perjanjian dari beberapa pihak. Wakil Presiden Jusuf Kalla menerangkan, ide peraturan PNS kerja dari rumah sulit diterapkan. Lantaran, menurut dia, bakal menyulitkan