Home / berita umum / Banyaknya Laporan Ke Posko THR

Banyaknya Laporan Ke Posko THR

Banyaknya Laporan Ke Posko THR – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan ke perusahaan swasta membayar tunjangan hari raya (THR) paling lambat tujuh hari (H-7) sebelumnya Hari Raya Idul Fitri. Pekerja yang sudah bekerja minimum sepanjang 1 bulan juga di pastikan memiliki hak beroleh THR.

Imbauan itu sesuai sama Surat Edaran Nomor 2 Th. 2018 terkait Pembayaran Tunjangan Hari Raya Keagamaan Th. 2018 yang di tandatangani pada 8 Mei 2018 serta diperuntukkan pada Beberapa Gubernur, serta Beberapa Bupati/Wali Kota se-Indonesia.

Besaran THR untuk pekerja yang memiliki periode kerja 12 bln. dengan tiada henti atau lebih, peroleh THR sebulan gaji. Sedang untuk pekerja yang memiliki periode kerja sebulan dengan terus-menerus namun kurang dari 12 bln., THR-nya diberi dengan seimbang sesuai sama perhitungan yang telah diputuskan, yakni periode kerja dibagi 12 bln. dikali sebulan gaji.

Jika merujuk pada regulasi, pembayaran THR dikerjakan paling lambat H-7. Hal semacam ini dikerjakan agar pekerja dapat menyiapkan mudik dengan baik.

Untuk menghadapi munculnya yang dirasakan dalam proses pembayaran THR keagamaan, diinginkan semasing propinsi serta kabupaten/kota membuat Pos Komando Unit Pekerjaan (Posko Satgas) Ketenagakerjaan Perduli Lebaran dengan kata lain Posko THR.

Rupanya ketentuan ini belum juga ditaati secara detail oleh perusahaan. Terbukti 200 aduan yang di terima oleh Posko THR.

About admin