Home / berita umum / Camera CCTV Pantau Jalur Pendakian Di Gunung Merbabu

Camera CCTV Pantau Jalur Pendakian Di Gunung Merbabu

Camera CCTV Pantau Jalur Pendakian Di Gunung Merbabu – Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) menempatkan camera closed sirkuit television (CCTV) di sabana 1. Kegiatan pendaki di area itu serta arah ke arah puncak saat ini dapat dimonitor dari kantor BTNGMb di Boyolali.

” Agar ikut pemantauan itu lebih gampang, juga termasuk pemantuan bila ada permasalahan-permasalahan sehubungan dengan pengunjung, pendaki, ” kata Kepala BTNGMb, Edy Sutiyarto, di kantornya Kamis (22/11/2018) .

Diterangkan Edy, pemasangan CCTV di pilih di sabana 1, lantaran cuma dalam tempat itu yg sangat sangat mungkin, isyarat pemancar dapat langsung ke kantor BTNGMb, jalan Merbabu No 136 Boyolali.

Ada tiga camera CCTV yg terpasang pada suatu menara di sabana 1 itu. Satu camera ke arah puncak Merbabu. Satu camera ke arah ruang perkemahan serta satu camera kembali ke arah bawah, memonitor panel surya sebagai sumber listriknya.

Awal mulanya, keadaan di perkemahan di area puncak Merbabu itu di peroleh dari laporan pendaki atau penilaian petugas/sukarelawan yg ada langsung ke area. Tapi saat ini kegiatan pendaki yg tengah kemah di sabana 1 lantas dapat terpantau. Terkecuali itu ikut arah pendaki yg turun atau akan naik ke puncak Gunung Merbabu lewat arah Selo, Boyolali ini dapat dimonitor.

Menurut Edy, camera CCTV bukan hanya dipasang di sabana 1. Tapi BTNGMb ikut menempatkan CCTV di kantor Resort Selo yg ada persis di pintu masuk pendakian Merbabu serta di kantor Balai. Pemasangan CCTV telah dikerjakan waktu lalu.

” Sekarang masihlah bagian uji-coba, walaupun sebetulnya CCTV serta monitor ini telah memiliki fungsi, ” tutur ia. Maksud pemasangan camera CCTV ini, lanjut ia, diantaranya buat memudahkan pemantauan keadaan disana dari jarak jauh dengan cara langsung. Bila berlangsung keadaan darurat atau ada kecelakaan pendaki, harapannya kami dapat lebih pas serta cepat dalam ambil perbuatan atau memberi perlakuan

Edy menuturkan, buat sesaat ini CCTV baru terpasang di arah Selo, Boyolali. Meskipun begitu, ke depan CCTV akan juga dipasang di arah pendakian lainnya Gunung Merbabu. Yakni arah Cunthel, arah Thekelan, arah Suwanting, serta arah Wekas.

Dipilihnya arah Selo menjadi area perdana pemasangan CCTV lantaran arah relatif ramai serta miliki sejumlah tempat berkemah yg cukuplah luas. CCTV dioperasikan dengan kekuatan listrik mandiri bersumber tenaga matahari dengan panel surya.

About admin