Home / Uncategorized / Histori Cokelat

Histori Cokelat

Besar kemungkinan, di lembah-lembah Amazon serta Orinoco di Amerika Selatan ada banyak pohon kakao liar. Pohon ini telah tumbuh disana mulai sejak beberapa ribu th. waktu lalu, peluang mulai sejak 400 th. sebelumnya masehi. Lalu beberapa orang dari bangsa Maya mulai membudidayakan pohon kakao. Pada saat beberapa orang ini bermigrasi ke Yucatan di Amerika Tengah, mereka juga membawa kakao kesana.

Rutinitas nikmati cokelat diawali oleh beberapa bangsawan suku Indian Aztec di Amerika Tengah, daerah yang saat ini jadi lokasi Meksiko. Masyarakat Meso-Amerika ini mencampurkan bubuk biji kakao yang rasa-rasanya pahit dengan jagung fermentasi atau dengan juga anggur. Kombinasi ini diracik jadi minuman yang dihidangkan dalam cangkir emas. Bahkan juga satu diantara kaisar Aztec yang bernama Montezuma bisa meminum kian lebih 50 cangkir cokelat sehari-hari.

Bahkan juga, lantaran demikian berharganya cokelat pada saat itu dikira sebagai makanan beberapa dewa sebagai asal-usul nama latin pohon cokelat. Hingga biji kakao dipakai dalam upacara keagamaan serta sebagai hadiah. Diluar itu, lantaran berharganya cokelat pada jaman itu, bikin biji kakao dipakai sebagai alat pembayaran yakni mata duit.

Pada saat berlangsung penaklukan oleh Spanyol di Meksiko serta Amerika Tengah, orang Spanyol juga mulai buka perkebunan kakao. Nyatanya keuntungannya begitu besar, hingga orang Spanyol kuasai perdagangan cokelat sampai era ke-18. Mereka juga membawa biji kakao ke Haiti, Trinidad serta Afrika Barat. Serta sampai saat ini, penghasil cokelat paling besar yaitu satu diantara negara di Afrika Barat yakni Pantai Gading.

About admin