KIK Menyetujui Ketua MPR Untuk Partai Golkar

KIK Menyetujui Ketua MPR Untuk Partai Golkar – Ketua Tubuh Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar, Meutya Hafid, mengatakan partai-partai di Penggabungan Indonesia Kerja (KIK) sudah menyetujui bangku Ketua MPR untuk partai berlambang pohon beringin itu. Dia juga yakin hal demikian akan terjadi.

“Benar (partai-partai setuju berikan bangku Ketua MPR ke Golkar). Insyaallah, Bismillah, Ketua MPR untuk Golkar,” kata Meutya , Kamis (1/8/2019).

Menurutnya, partai-partai KIK sama-sama menghargai. Diluar itu, Meutya menuturkan Golkar patut mendapat bangku itu lantaran sukses berubah menjadi posisi ke dua dalam perolehan bangku di Pileg 2019.

“Kan percakapan biarpun informal sudah berjalan. Prinsipnya di penggabungan pun sama-sama menghargai. Ada semangat yang sama kalau Bangku Ketua MPR untuk penggabungan. Insyaallah posisi ke dua kan Golkar,” tuturnya.

Selain itu, Wasekjen Golkar Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono awal kalinya sudah mengatakan penggabungan pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin telah setuju menyerahkan bangku Ketua MPR pada Golkar. Dia menyebutkan seluruhnya partai penggabungan pengusung Jokowi sudah membuat sejenis kesepakatan informal atau gentlemen’s agreement berkaitan bangku Ketua MPR.

“Dari mula kan deal-nya demikian. Ya sewajarnya Golkarlah,” kata Dave, Kamis (1/8).

Ketua DPP Golkar Ace Hasan juga mengatakan masalah impian mereka mendiami bangku Ketua MPR 2019-2024. Dia menuturkan Partai Golkar sudah mengemukakan impian itu pada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami telah mengemukakan impian Partai Golkar pada Presiden Jokowi terkait bangku Ketua MPR yang akan ditinggali kader Partai Golkar sejak mulai dua bulan yang lampau,” kata Ace, Kamis (1/8).