Home / religi / Malam Lailatur Qadar Di Tunggu Umat Islam

Malam Lailatur Qadar Di Tunggu Umat Islam

Malam Lailatur Qadar Di Tunggu Umat Islam – Malam lailatur qadar atau atau yang seringkali dikatakan sebagai malam seribu bln. jadi malam yang paling ditunggu oleh umat Islam pada sepuluh hari terkahir Ramadan. Tetapi, malam kebaikan seribu bln. itu tidak semuanya dirasa oleh umat Muslim didunia. Cuma mereka yang dipilih dapat rasakan pengalaman spiritual yg tidak dapat itu.

“Umumnya, untuk mereka yang memperoleh malam lailatul qadar tahu kalau mereka memperoleh kebaikan itu, ” Seseorang tokoh agama, Sholeh Mahmoed Nasution atau yang akrab disapa Ustad Solmed

Menurut Solmed, lailatul qadar adalah satu pengalaman spiritual yang dirasa dengan pribadi oleh seorang. Dalam satu masjid, saat beberapa orang tengah berdiam diri sembari melaksanakan ibadah, tidak semuanya jemaah dapat rasakan kemuliaan lailatul qadar.

Sebagian sinyal yang umum dirasa oleh orang yang memperoleh kemuliaan seribu bln., umpamanya situasi malam itu merasa sejuk serta tidak panas. Lalu, mereka umumnya rasakan situasi bln. yang lebih syahdu dari umumnya. Bahkan juga hingga orang berfikir, karna situasi sejuk malah buat mereka tertidur.

Solmed menceritakan, sempat ada seseorang ulama dari Sumatera Utara saat ambil wudhu, ia tempatkan sorbannya diatas satu batang pohon. Tetapi, ulama itu rupanya lupa ambil sorban itu. Waktu pagi hari, sorban ulama itu sudah ada diatas satu pohon kelapa. “Pada waktu malam itu, pohon merunduk pada lailatul qadar. Tidak kebanyakan orang dapat nikmati, ” tutur Solmed.

Pengalaman spiritual itu umumnya dirasa tidak umum untuk mereka yang memperoleh kemuliaan lailatul qadar. Umumnya, mereka mau tahu kalau mereka memperoleh kebaikan itu. “Ada sinyal sendiri yang Allah kasih pada mereka, ” tutur Solmed memberikan.

Kebaikan lailatul qadar, kata Solmed, bukan sekedar dirasa untuk mereka yang tengah ber-itikaf di masjid. Kemuliaan itu umumnya dirasa saat berbuat baik saat malam hari. Kebaikan seribu bln. dapat dirasa orang yang tengah mengaji atau berdizikir di kamar sendiri.

“Bagi mereka yang miliki saat terbatas untuk ber-itikaf, banyak jalan untuk memperoleh malam lailatul qadar. Yang terutama yaitu hidupkan malamnya dengan melaksanakan ibadah sampai terkantuk atau tertidur, ” tutur Solmed.

About admin