Home / Kesehatan / Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu – Buah mengkudu ataupun Morinda citrifolia banyak diketemukan di Tahiti, Hawaii, Asia Tenggara, Australia serta India. Buah ini seringkali digunakan jadi obat sejak dahulu.

Buah mengkudu yang disebutkan murbei India cukup disukai sebab kulitnya dapat dipakai untuk pewarna merah serta kuning untuk baju serta batik. Lalu, tangkai, daun, kulit kayu, serta akar pohon ini dipakai untuk obat.

Buah ini seringkali disebutkan buah keju sebab aromanya yang kuat serta rasa-rasanya yang pahit.

Orangtua dahulu seringkali minum jusnya untuk menyembuhkan sembelit, diare,Agen Sbobet88 infeksi kulit, serta sariawan. Tumbukan daunnya digunakan untuk menyembuhkan cedera.

Juice mengkudu diketahui kaya bakal vitamin, mineral serta anti-oksidan. Hingga pegiat penyembuhan tradisionil seringkali memakainya untuk obat diabetes, hipertensi, masalah haid, penyakit jantung, penyakit lambung, stres, aterosklerosis, HIV, serta kanker. Sayangnya bukti riset yang memberikan dukungan klaim ini belum kuat.

Dr Pat O’Mahony, kepala spesialis bioteknologi Food Safety Authority of Ireland (FSAI) menjelaskan, “Tidak terdapat bukti ilmiah untuk membetulkan klaim jika juice mengkudu memberi faedah kesehatan spesial ataupun serta mengobati ataupun menahan satu penyakit.”

Dampak anti radang juice mengkudu seringkali dilebih-lebihkan oleh produsen obat tradisionil, tetapi terdapat satu faedah riil buat seorang perokok. Studi tahun 2012 dari University of Illinois memberikan laporan jika minum juice mengkudu 29, 5-188 milimeter /hari semasa 30 hari dengan cara teratur bakal kurangi kandungan cholesterol, trigliserida, serta infeksi pada perokok, dikutip dari VeryWellFit.

Walau penemuan ini menjanjikan, tetapi juice mengkudu tidak memperlihatkan bisa kurangi dampak merokok ataupun memberikan dampak sama pada non-perokok. Oleh karena itu masih membutuhkan riset selanjutnya.

Di lain sisi, Dr. Manoj K. Ahuja, Rumah Sakit Fortis menjelaskan, buah mengkudu sudah dipakai dengan cara medis untuk tingkatkan skema kebal badan serta mendetoksifikasi badan semasa beberapa ribu tahun. Beberapa orang Asia yakin, mengkudu kaya bakal anti-oksidan kuat seperti Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B3 (niasin) serta zat besi.

Dokter Anak yang berbasiskan di Baltimore, Dr. Mona Harrison, MD menjelaskan, “Saya mempunyai beberapa pasien yang sudah mendapatkan faedah dari juice mengkudu,Agen Taruhan serta buat beberapa orang nampaknya mengubah sangat banyak skema badan “.

Mode Australia Miranda Kerr sudah minum juice Tahitian Noni (mengkudu) semasa 14 tahun sampai saat ini serta itu salah satu hal yang tidak dapat dia meninggalkan, terlebih bila dia mempunyai hari yang panjang. “Ini bukan hanya baik untuk kulit Kamu, dan juga untuk kesehatan pada umumnya.”

Walau peluang terjaga untuk dikonsumsi, terdapat kecemasan bila konsumsi juice mengkudu ataupun ekstraknya dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan kerusakan hati.

Hal tersebut sebab mengkudu memiliki kandungan antrakuinon, senyawa yang berbentuk hepatotoksik (Toksin buat hati) serta berbentuk karsinogenik. Dalam beberapa laporan sudah mengkonfirmasikan luka hati, termasuk juga hepatitis serta tidak berhasil hati berkaitan mengonsumsi mengkudu.

National Institutes of Health merekomendasikan tidak untuk memberi juice mengkudu pada pasien penyakit hati, khususnya hepatitis C akut serta hepatitis B.

Juice mengkudu yang kaya kalium harus juga dijauhi buat pasien penyakit jantung, ginjalm serta hati, dan buat pemakai potassium-sparing diuretics, inhibitor angiotensin-converting enzyme (ACE) ataupun penghalang reseptor angiotensin sebab bisa mengakibatkan hiperkalemia (kandungan kalium yang begitu tinggi).

Buat pasien kelainan darah ataupun sedang konsumsi obat pencair darah seperti Coumadin (warfarin) ataupun Plavix (clopidogrel), minum juice mengkudu bakal perlambat pembekuan darah. Mengkudu tinggi kandungan gulanya, jadi harus dipakai berhati-hati pada pasien diabetes.

Mengkudu dapat berhubungan dengan obat serta perawatan lain, seperti kemoterapi, radiasi serta masih banyak.

Sebab minimnya riset keamanan karena itu seharusnya mengkudu tidak dikasih ke wanita hamil, ibu menyusui, ataupun beberapa anak.

Belum juga terdapat dasar pemakaian yang pas, tetapi dalam satu riset tahun 2009 menyampaikan jika mengkudu terjaga dikonsumsi sampai 750 mL (ataupun seputar 700 gr) /hari. Juice mengkudu serta suplemennya cuma ditujukan untuk pemakaian periode pendek saja.

About penulis77