Home / umum / Pemerintah Di Bali Keluhkan Dengan Tarif Hotel Yang Nakal

Pemerintah Di Bali Keluhkan Dengan Tarif Hotel Yang Nakal

Pemerintah Di Bali Keluhkan Dengan Tarif Hotel Yang Nakal – Tubuh Promosi Pariwisata Daerah Bali serta Pemerintah Propinsi Bali mulai cemas dengan perang tarif hotel di Pulau Bali yang tak lagi sehat. Ini diindikasikan dengan makin banyak hotel berbintang turunkan tarif kamar.

Bahkan juga, tarif hotel bintang tiga mulai setara dengan tarif hotel melati, yaitu dibawah harga Rp 300. 000 per kamar per malam. Jika ini selalu berjalan, Tubuh Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Bali serta pemprov mengasumsikan pariwisata Bali tdk lagi menawan serta bermutu.

Kepala BPPD Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Denpasar, Senin (5/6/2017), menyampaikan, kecemasan itu berjalan mulai sejak tiga th. lantas.

”Tidak cuma permasalahan turunnya kwalitas pariwisata, dari kacamata ekonomi ini dapat jadi berkompetisi tidak sehat, ” tukasnya.

Oleh karenanya, ia mengusulkan pada Pemprov Bali supaya memisahkan permasalahan ini lewat usaha standardisasi. Perang tarif ini mesti ditengahi supaya tidak tambah kronis serta kacau balau.

Standardisasi hotel sampai kini, lanjut dia, masih tetap berbentuk pemberian predikat bintang berdasar pada jumlah kamar serta kwalitas hotel.

Belumlah ada standardisasi harga untuk memudahkan pengawasan serta menghindar kerancuan harga hotel berbintang, cuma lantaran mau menguber tingginya okupansi.

Wisatawan di Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, Jumat (26/6/2015). (KOMPAS. COM/I MADE ASDHIANA)
Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam tayangan pers tempo hari mendorong untuk diputuskannya payung hukum yang pasti berkaitan dengan standardisasi tarif kamar hotel. Dengan buat payung hukum, tarif minimal bisa difungsikan jadi patokan penetapan harga.
Ia mengajak seluruhnya komponen serta akademisi mempersiapkan kajian untuk hal semacam ini. Terkecuali payung hukum, ia juga memohon ada hukuman serta supaya tercantum.

Berdasar pada data Tubuh Pusat Statistik (BPS) Bali, jumlah hotel berbintang di propinsi itu terdaftar 281 hotel di Bali. Paling banyak yaitu 89 hotel dengan predikat bintang tiga. (AYS)

About admin