Home / berita umum / Penjual Burung Cendrawsih Telah Di Tangkap Polisi

Penjual Burung Cendrawsih Telah Di Tangkap Polisi

Penjual Burung Cendrawsih Telah Di Tangkap Polisi – Polisi menangkap warga Kemlagi, Mojokerto yg jual hewan dilindungi. Pria bernama Hadi Suprapto ini diamankan dipicu jual tiga burung cenderawasih.

Burung cenderawasih yg dijual tukang ojek itu sama dengan cenderawasih kuning kecil (Paradisaea Minor), cenderawasih raja jantan (Cicinnurus Regius), dan cenderawasih raja betina (Cicinnurus Regius). Dua burung dalam kondisi hidup dan satu mati.

Polisi mengamankan pria 48 th. itu dari informasi yg diperoleh oleh Penyidik PPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Kehutanan tempat II Surabaya.

” Setelah mendapatkan informasi dari petugas BPPHLK tempat Jabanusa, kami menangkap seseorang yg bisa jual hewan yg dilindungi dalam sebuah mal di Waru Sidoarjo, ” kata Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris, Senin, (2/7/2018).

Harris mengemukakan menurut pernyataan tersangka burung ini ada dari Papua Barat yg dikirim oleh seseorang melalui jalur laut. Burung itu diambil tersangka di Pelabuhan Tanjung Perak.

” Pada saat tunggulah costumer, tersangka ini diamankan. Dan idenya burung ini bisa dijual Rp 10 juta per ekor, ” maka Harris.

Harris berikan penambahan tersangka bisa di jerat dengan permasalahan 21 ayat (2) huruf a UU Nomor 5 th. 1990 berkenaan perlindungan Sumberdaya Alam Hidup dan Ekosistemnya jo PP nomor 7 th. 1999 berkenaan pengaertan gaya tumbuhan.

” Tersangka terancam penjara selama lima th. dengan denda paling banyak Rp 100 juta, ” jelas Harris.

Diluar itu Heru Sutopo jadi penyidik BPPHLHK Jabanusa mengemukakan seandainya beberapa orang bisa memelihara hewan yg dilindungi. Namun demikian musti memiliki dokumen dan sertifikat dari BPPHLHK

” Untuk beberapa orang yg memelihara musti berkordinasi dengan pihak BPPHLHK dan memiliki sertifikatnya, ” tandas Heru.

About admin