Home / berita umum / PT NSP Di Vonis Pembakar Rimba Menghargai Keputusan MA

PT NSP Di Vonis Pembakar Rimba Menghargai Keputusan MA

PT NSP Di Vonis Pembakar Rimba Menghargai Keputusan MA – Mahkamah Agung (MA) meraih kemenangan tuntutan Rp 1 triliun yg dikirimkan KLHK ke PT National Sago Sempurna (NSP). Atas hal tersebut, PT NSP yg divonis pembakar rimba itu menyatakan menghargai putusan MA itu.

“Kami belum juga terima pemberitahuan putusan kasasi. Kami menghargai pengadilan,” kata team kuasa hukum PT NSP dari kantor hukum Lubis Ganie Surowidjojo (LGS), Rofik Sungkar, Kamis (3/1/2018).

Masalah Nomer 3067 K/PDT/2018 itu diadili oleh Soltoni Mohdally dengan anggota Hamdi Yunus Wahab. Pada utamanya, perusahaan mesti bertanggung-jawab atas kebakaran a quo sesuai prinsip pertanggungjawaban mutlak (strict liability). Namun PT NSP punyai masukan beda.

“Akan tetapi kami menyayangkan putusan yg diambil, yg menurut kami tidak pertimbangkan alat-alat bukti dan masukan ilmiah dari beberapa pakar yg kami utarakan di persidangan yg semua mematahkan dakwaan dari Penggugat. Putusan cuma berdasar pada bukti-bukti serta pemikiran yg lemah yg di ajukan oleh Penggugat, serta salah mengimplementasikan hukum,” ujar Sungkar.

Sungkar mengacu putusan Pengadilan Tinggi yg menampik tuntutan Penggugat untuk seluruh, serta terdapatnya Dissenting Opinion. Dimana salah satunya hakim yg memiliki kompetensi dalam persoalan lingkungan hidup menjelaskan ketidaksetujuannya pada putusan Majelis Hakim saat masalah itu diputus dalam tingkat Pengadilan Negeri.

“Sesudah kami terima pemberitahuan putusan kasasi, kami bakal berkonsultasi dengan konsumen kami untuk pertimbangkan usaha hukum seterusnya yg bakal ditempuh, termasuk juga peluang usaha hukum Peninjauan Kembali,” tutur Sungkar.

About admin