Home / news / Ratusan Rumah Rusak Akibat Di Terjang Angin Puting Beliung

Ratusan Rumah Rusak Akibat Di Terjang Angin Puting Beliung

Ratusan Rumah Rusak Akibat Di Terjang Angin Puting Beliung  РBPBD selalu jalankan pendataan akibat puting beliung yang menerjang Desa Tambakrejo, Desa Tambak Sumur serta Desa Tambak Sawah, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu 22 November 2017.

Kepala Pusat Data Info serta Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, data sesaat ada 754 unit tempat tinggal alami rusaknya, di mana 606 unit tempat tinggal rusak yakni di Desa Tambak Sumur 128 unit rusak, di Desa Tambak Rejo 576 unit tempat tinggal serta di Desa Tambak Sawah 50 unit tempat tinggal. Diluar itu ada 7 bangunan sarana umum rusak.

” Sebanyak 36 orang luka enteng serta sudah kembali pada tempat tinggalnya. Pada Rabu malam ada 100 jiwa mengungsi di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum. Tetapi pada siang beberapa kembali pada tempat tinggalnya untuk bersihkan tempat tinggalnya, ” terang Sutopo dalam info tertulisnya, Kamis 23 November 2017 malam.

Beberapa besar rusaknya berbentuk atap tempat tinggal yang rubuh. Ada pula tempat tinggal yang rusak berat keadaannya. Sekitar 350 personil dari BPBD Sidoarjo, BPBD Jawa Timur, TNI, Polri, Satpol PP, Linmas serta relawan menolong penduduk yang menanggung derita karena puting beliung.

” Atap tempat tinggal yang rusak untuk sesaat ditutup terpal. BPBD Jawa Timur sudah mendistribusikan 500 lembar terpal, 100 lembar selimut, 150 unit pakaian serta family kid. Makanan siap saji sudah diberikan pada korban, ” katanya.

Nantinya Pemda Sidoarjo bakal memberi perlindungan perbaikan rusaknya tempat tinggal pada penduduk yang terdampak. Sesuai sama Perda perlindungan untuk tempat tinggal rusak enteng maximum Rp5 juta, rusak lagi tengah maximum Rp10 juta, rusak berat maximum Rp20 juta serta rusak keseluruhan maximum Rp30 juta. Sekarang ini masih tetap dikerjakan pendataan.

” Peristiwa puting beliung selalu bertambah tiap-tiap tahunnya di Indonesia. Selama th. 2017 sudah berlangsung 624 peristiwa puting beliung yang sebabkan 30 orang wafat dunia, 166 orang luka-luka, 13. 692 orang menanggung derita serta mengungsi, 12. 607 tempat tinggal rusak serta beberapa ratus bangunan umum rusak, ” tuturnya.

Daerah riskan bencana puting beliung juga semakin meluas. Beberapa daerah perkotaan semakin seringkali berlangsung puting beliung. Adanya perubahan pemakaian tempat dari rimba atau daerah yang banyak vegetasi beralih jadi daerah permukiman serta perkotaan sebabkan temperatur permukaan tanah cepat naik.

” Dampak pulau bahang (heat island effect) yang berlangsung di lokasi perkotaan sebabkan lain suhu pada permukaan tanah serta atmosfer cukup tinggi jadi menyebabkan ketaksamaan desakan udara jadi muncul angin kencang atau puting beliung waktu cuaca mendung, ” kata Sutopo.

Kekuatan iptek sekarang ini belum juga dapat memperkirakan puting beliung dengan tentu. Skalanya mikro. Cuma berlangsung pada daerah kurang lebih 10 km. persegi dengan saat peristiwa berjalan pada 5-10 menit. Kecepatan angin puting beliung sekitar 60-80 km/jam.

Penduduk diimbau selalu untuk siaga andaikan keadaan mendung atau awan-awan tidak tipis kehitaman di angkasa. Jangan beraktivitas dibawah pohon, papan reklame besar atau merasa di bangunan yang kurang kuat konstruksinya.

” Jangan parkir dibawah pohon-pohon besar. Sinyal tanda awal puting beliung waktu bakal hujan, muncul angin merasa dingin yang semakin lama semakin kencang lalu diiikuti hujan deras, ” imbaunya.

About admin