Home / internasional / Trump dan Kim Jong-Un akan Bertemu Mei Mendatang

Trump dan Kim Jong-Un akan Bertemu Mei Mendatang

Trump dan Kim Jong-Un akan Bertemu Mei Mendatang – Kesediaan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk berjumpa dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un jadi peristiwa mengagumkan. Gagasannya, pertemuan keduanya untuk mengulas denuklirisasi juga akan di gelar pada Mei yang akan datang.

Selama ini, belum juga beberapa hal yang disibak berkaitan gagasan pertemuan tingkat tinggi pada Trump serta Kim Jong-Un. Pengumuman kesediaan Trump berjumpa Kim Jong-Un ini di sampaikan dengan mendadak oleh Kepala Kantor Keamanan Nasional Korea Selatan (Korsel) Chung Eui-Yong.

Seperti ditulis AFP serta Reuters, Jumat (9/3/2018), Chung mengemukakan pengumuman ini di halaman Gedung Putih, selesai berjumpa Trump pada Kamis (8/3) saat setempat. Tak ada petinggi Gedung Putih yang mendampinginya.

Kunjungan ke AS ini awalannya mempunyai tujuan untuk menerangkan hasil pertemuan dengan Korut serta mengemukakan pesan dari Kim Jong-Un untuk Trump. Awal minggu ini, Chung serta beberapa petinggi tinggi Korsel lakukan kunjungan bersejarah ke Korut serta berjumpa Kim Jong-Un.

” Saya memberitahu Presiden Trump kalau dalam pertemuan kami, pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un menyebutkan dianya memiliki komitmen pada denuklirisasi. Kim bersumpah Korea Utara juga akan menahan diri dari tiap-tiap eksperimen nuklir atau rudal di masa yang akan datang, ” ucap Chung.

” Dia (Kim Jong-Un) mengerti kalau latihan militer paduan teratur pada Republik Korea (Korsel) serta Amerika Serikat mesti berlanjut serta dia mengemukakan hasrat besar untuk berjumpa Presiden Trump sesegera mungkin saja, ” paparnya.

” Presiden Trump mengapresiasi keterangan ini serta menyebutkan dia juga akan berjumpa Kim Jong-un pada Mei untuk menjangkau denuklirisasi permanen, ” tegas Chung menginformasikan peristiwa bersejarah yang bila terwujud juga akan jadi yang pertama untuk Presiden AS serta pemimpin Korut berjumpa.

Dalam pernyataan terpisah, seperti ditulis CNN, Gedung Putih mengkonfirmasi kesediaan Trump terima undangan berjumpa Kim Jong-Un. Tetapi Gedung Putih tidak mengatakan masalah saat pertemuan Trump serta Kim Jong-Un, seperti diumumkan Chung terlebih dulu.

” Dia (Trump-red) juga akan terima undang untuk berjumpa dengan Kim Jong-Un pada tempat serta saat yang juga akan ditetapkan. Kami menantikan denuklirisasi Korea Utara. Untuk sesaat saat, semua sanksi serta desakan maximum mesti tetaplah diberlakukan, ” ucap Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders, dalam pernyataannya.

Terkecuali problem saat, masalah tempat pertemuan juga jadi pertanyaan besar. Trump mustahil bertandang ke Pyongyang, sedang Kim Jong-Un belum juga sempat meninggalkan negaranya mulai sejak menjabat tahun 2011 kemarin. Desa gencatan senjata Panmunjom di Zone Demiliterisasi Korea (DMZ) jadi satu diantara pilihan. Panmunjom jadi tempat perundingan paling baru pada Korsel serta Korut.

About admin