Home / berita umum / Warga Bandung Berbondong-Bondong Datangi TPU Menjelang Ramadhan

Warga Bandung Berbondong-Bondong Datangi TPU Menjelang Ramadhan

Warga Bandung Berbondong-Bondong Datangi TPU Menjelang Ramadhan – Mulai sejak pagi, TPU Sukarame, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung dipenuhi beberapa ratus warga yang juga akan lakukan ziarah pendam. Meski tdk disarankan, zairah pendam mendekati Bln. Suci Ramadhan telah jadi adat beberapa umat Islam di Kabupaten Bandung.

Bukan sekedar ditunaikan oleh warga Kabupaten Bandung serta Jawa Barat saja, adat ini umum ditunaikan oleh beberapa umat Islam di Indonesia.

Ziarah pendam ke makam keluarga ini ditunaikan pada hari Jumat paling akhir mendekati Ramadan atau hari-hari paling akhir mendekati puasa.

Pantauan, Jumat (11/5/2018) di TPU Sukarame, beberapa ratus warga berduyun-duyun datang. Kehadiran mereka tdk dengan tangan kosong, ada yang membawa sapu lidi, sabit, serta cangkul.

Sebelumnya berdoa di makam keluarganya, beberapa warga bersihkan seputar pemakaman dengan menyapu daun serta membakarnya, juga bersihkan rumput dengan mencangkulnya.

” Telah jadi adat kami, pula sebagai bentuk rasa sukur menyongsong Ramadan serta penghormatan pada keluarga yang terlebih dulu meninggalkan kita, ” kata Iman Sulaeman (45) satu diantara warga pas didapati di TPU Sukarame.

Iman datang ke TPU Sukarame dengan istri, anak serta keluarga besarnya. Menurut dia zairah pendam sebelumnya puasa telah jadi adat leluhurnya.

” Telah mulai sejak dahulu, sebelumnya puasa dibikin bersih dahulu, kan kelak juga cocok Idul Fitri kita datang sekali lagi kesini buat ziarah sekali lagi, ” tukasnya.

Warga yang lain, Eti Sukaesih (50) berujar ziarah pendam mendekati puasa telah teratur ia laksanakan. ” Telah teratur, kita laksanakan. Saya telah ziarah ke makam ibu serta bapak, ” katanya.

Menurut dia ziarah pendam mendekati Ramadan jadi bentuk rasa sukur masih tetap dapat bersua sekali lagi Bln. Ramadhan.

” Alhamdulillah, masih tetap dapat bersua sekali lagi puasa, bln. ampunan, bln. penuh hikmah, saya katakan sukur pada Allah, di beri kesehatan. Meski telah tua, insya Allah andaikata dipanjangkan umurnya saya juga akan berpuasa, ” tuturnya.

About admin