Home / berita umum / Warga Lembang Temukan Seekor Meong Congkok Terjerat Perangkap untuk Musang

Warga Lembang Temukan Seekor Meong Congkok Terjerat Perangkap untuk Musang

Warga Lembang Temukan Seekor Meong Congkok Terjerat Perangkap untuk Musang – Seekor anak kucing rimba (Prionailurus Bengalensis) ditangkap penduduk. Awal kalinya tersebar berita liar kalau muncul macan tutul di daerah Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kucing rimba atau yg wajar dimaksud meong congkok itu adalah satwa yg terancam punah habitatnya gara-gara perambahan area pertanian manusia. Edi (42) , penduduk yg mengamankan satwa itu, menyatakan menemukannya seekor meong congkok yg terjebak perangkap buat musang, pada 13 Maret 2019. Disaat itu, dirinya sendiri tengah berkeliling-keliling di lebih kurang sungai yg ada dibawah tempat tinggalnya, Jl Hortikultura, Desa Jayagiri, Lembang.

” Awal kalinya saya dapatkan induknya, namun saya terlepas. 1 minggu lantas, saya dapatkan anaknya, terjebak perangkap yg sama, ” kata Edi di kediamannya, Rabu (20/3/2019) .

Ia berinisiatif buat mengamankan satwa liar itu lantaran risau diincar atau diperdagangkan oleh pihak gak bertanggung-jawab. ” Saya langsung memberikan laporan pada pihak RT, lantaran bingung mesti diadukan kemana, ” kata Edi.

Sekarang, satwa itu dikurung dalam kandang mempunyai ukuran 40 x 60 cm. Ia memaparkan induk kucing rimba itu kerapkali hampiri anaknya yg disinyalir dengan nada geraman.

” Saya mau hewan ini terus lestari, takut mati ditembak penduduk, ” kata Edi.

Wawan Setiawan, ketua RT 1, mengemukakan pernah tersebar gosip timbulnya macan tutul sebelum penemuan kucing rimba itu. Menurut dia, penduduk risau berkat macan tutul digosipkan mulai merambah ke permukiman penduduk.

” Ada penduduk yg menyaksikan, ujarnya udah berkeliaran sejak mulai seminggu yang silam, kabar ini tersebar dari mulut ke mulut, ” kata Wawan.

Wawan mengharapkan sehabis muncul klarifikasi ini masyarakatnya dapat kembali tenang. ” Di ruangan sungai itu memang banyak satwa liar, kerapkali penduduk menemukannya piton atau kobra, ” kata Wawan.

About admin